Blogger Layouts

Monday, December 17, 2007

MINT RASA STUDIO


beberapa hari ini saya mencoba untuk menginstalasi Linux di notebook saya, Linux yang saya pergunakan adalah Linux Mint 3.0 sebuah Linux multimedia turunan dari Ubuntu dan memiliki nenek Debian.





sebenarnya ga ada keinginan untuk memakai Linux mint ini, ini terjadi setelah memakai Ubuntu 7.04 terasa sangat kurang untuk multimedia jenis mp3, mounting yang hanya bisa membaca di partisi haddisk windows, dan yang membuat kepala ini berputar – putar adalah malicious antara librari – librari didalamnya. malicious ini bermula dari keinginan untuk menambah beberapa software multimedia dan software pengganti aplikasi yang biasa saya pergunakan seperti inkscape dan scribus pengganti corel draw dan Adobe Pagemaker.

akibat malicious ini saya terlalu sering untuk menginstal ulang Linux di komputer saya, sebenarnya mungkin ga perlu ya? kalau saya bisa bash. kemudian berputar – putar nyari distro lainnya under debian kaya freespire (ga bisa buka CD ma flashdisk) ma Ubuntu Studio 7.04, setelah nyoba studio yang sakit hatinya tiba – tiba blank saat masuk ke GUInya, entah karena apa. akhirnya cobalah pake Linux Mint, lagian tampilannya sangat menarik kok, bentuknya bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita dan terdapat multimedia lebih lengkap dari Ubuntu dan ada peringatan dari sistem saat intalasi aplikasi baru yang cenderung menyebabkan malicious di komputer saya.

cukupkah itu semua? ruapanya ngga cukup, seperti yang saya katakan tadi saya juga butuh beberapa aplikasi pengganti di lingkungan Linux. gimana caranya? untuk download lambat banget di pekanbaru, extras ga punya, trus hare gene nyari CD Linux dipekanbaru? putar – putar akal bentar barulah terpikir kenapa ga pake Ubuntu Studio aja jadi extrasnya? kan sama – sama turunan Ubuntu? alhamdulillah sampe hari ini ga da kendala berarti dari penggunaan Studio jadi extrasnya mint.




akhirnya akhir – akhir ini bisalah merasakan kembali multi media di Mint, sambil memakai aplikasi – aplikasi tambahan dari Studio, tujuan ini sebenarnya bukan untuk sadar hukum ataupun sebagai kebencian terhadap Ms Windows, pi karena ada keinginan untuk menambah skill yang membedakan kita daripada orang lain. lumayan, kalau ada test untuk suatu pekerjaan dan nilai kita sama dengan orang lain, setidaknya penggunaan beberapa sistem operasi berbeda kan bisa manambah kapasitas diri kita.

thank's ya studio sudah menambah sedikit rasa dalam mint yang aku pergunakan sekarang.

1 comments:

maskolis said...

Mana ni buku tamunya....Hehehehe....
mas dhanie kalo mau nge-blog belajar sama daku (wuiiihhh sombong).

Ah... ini sih tulisan di Kompasiana, udah komentar semua hahahaha.....

Sebenarnya saya udah mau kasi saran buat mas Dhanie buat bikin blog tapi dikiran nanti saya sombong lagi...
Thanks my dear friend.......